Membangun partisipasi pelanggan sangat penting
dalam strategi pemasaran. Jika pelanggan merasa terlibat dalam merek Anda,
mereka cenderung percaya dan setia.
Tapi ada banyak hal untuk membangun strategi
pemasaran yang memadai dan lebih unggul dari pesaing.
Setiap hari ada ide baru dari penjual dalam
mempromosikan produk mereka. Jika strategi pemasaran ini benar, maka pesan di
dalamnya bisa menjangkau pelanggan dengan baik, yaitu, menarik pelanggan yang
ingin membeli dan setia terhadap produknya.
Berikut adalah delapan hal penting untuk
menciptakan strategi pemasaran dan promosi yang hebat:
1.
Fokus pada solusinya
Inilah yang benar-benar dicari klien.
Jika Anda membuktikan bahwa produk Anda adalah
solusi untuk masalah besar, separuh dari pekerjaan pemasaran Anda telah
berhasil.
Produk dan layanan yang diminati akan mendapat
perhatian pertama dan paling sering.
Tawarkan target pasar Anda apa yang Anda
inginkan atau yang Anda minati. Tawarkan sesuatu yang terdengar seperti
"Saya adalah pemecah masalah" atau "Saya memperbaiki dengan
cepat", dan pesan Anda akan menarik perhatian.
2.
Menargetkan target
pasar
Pemasaran yang tidak mencapai tujuan akan
tergolong boros, tidak efisien atau sampah (seperti pada "spam").
Kegiatan pemasaran yang mencapai target pasar
cukup menarik, efektif dan sangat efisien. Kuncinya adalah memberi target pasar
Anda sesuatu yang menarik minat mereka.
Jika Anda adalah warga paruh baya yang tertarik
dengan musik klasik, sebuah cerita pendek tentang rilis musik terbaru dari band
rock terbaru tidak akan menarik, sehingga warga bukan bagian dari target pasar
Anda.
3.
Gunakan judul dan
sub judul
Buatlah judul-judul ini (dan subtitel)
provokatif, merangsang, ekstrim dan sama sekali tak terduga.
Salah satu kabar terbaik yang pernah saya
lihat, yang saya sebut banyak perhatian, adalah "Hal-hal yang pemerintah
tidak akan ceritakan tentang terorisme." Hal lain yang menarik perhatian
yang sama adalah "7 kesalahan yang dibuat bank setiap hari".
Keduanya akan menarik perhatian dan membuat
orang ingin membaca lebih banyak. Oleh karena itu, memiliki kemampuan menulis
yang benar sangat penting untuk strategi pemasaran Anda.
4.
Memiliki pesan yang
sangat jelas
Grafis bisa menarik perhatian, tapi itu bukan
satu-satunya cara untuk mengkomunikasikan pesan Anda. Jangan biarkan pengunjung
melihat gambar di iklan!
Pakar periklanan yang terkenal, David Ogilvy
pernah berkata: "Saya tidak berpikir bahwa periklanan adalah hiburan atau
bentuk seni, tapi sarana informasi." Ketika saya menulis sebuah iklan,
saya tidak ingin Anda mengatakan bahwa saya kreatif. bunga sampai Anda membeli
produk. "
Anda tidak dapat membuat orang lain
memperhatikan pesan yang membosankan atau tidak jelas.
5.
Cobalah strategi
pemasaran melalui pesan yang ekstrem
Kenyataannya adalah bahwa karya pemasaran yang
ekstrem itu bekerja. Hal negatif dan kesalahan benar-benar mendapat perhatian
lebih dari masyarakat. Berikut adalah contoh judul atau pesan yang menarik
perhatian karena sifatnya yang ekstrem:
- Bagaimana mengubur perusahaan dalam seminggu
- Bagaimana membuat penjualan sepuluh persen
lebih efisien
- Bagaimana cara meningkatkan profit 0.005%
Semua judul ini bisa menarik perhatian dan
membuat Anda ingin membaca karena sifatnya yang ekstrem.
6.
Gunakan strategi
promosi yang saling terkait
Ini adalah cara lain untuk mendapatkan
perhatian, terutama dalam strategi pemasaran konten yang sedang populer saat
ini.
Singkatnya, informasi tersebut ditawarkan
sebagai insentif untuk kontak baru. "Link" ini menjadi sebuah
perspektif! Tentukan pemasaran Anda untuk komunikasi lebih lanjut. Berikut
adalah beberapa contoh dari link ini:
Hubungi kami hari ini untuk mendapatkan
kalkulasi pinjaman hipotek gratis.
Download resep e-book gratis yang menggunakan
bumbu dan rempah-rempah kita.
Kunjungi kami hari ini untuk mendapatkan vas
bunga gratis di Hari Ibu.
Semua tautan ini menawarkan sesuatu yang
berharga bagi calon pelanggan potensial. Mereka tidak hanya memperhatikan Anda,
tapi juga akan meningkatkan respons Anda.
7.
Memanfaatkan benda,
bentuk dan ukuran yang tidak biasa
Hal lain yang perlu diperhatikan saat Anda
ingin agar produk Anda diketahui dan diingat adalah dengan menciptakan sesuatu
dengan ukuran yang berbeda atau warna yang berbeda atau tidak seperti format
umum.
Ini termasuk potongan surat, warna atau pesan yang
ekstrem, anehnya dan pilih waktu yang tidak biasa untuk mendekati target pasar
Anda, seperti membicarakan Natal di musim semi.
Carlsbad Brewery pernah menjatuhkan paspor
palsu ke sistem kereta bawah tanah New York City untuk menginformasikan target
pasarnya tentang produk baru yang mereka luncurkan. Menemukan paspor di kereta
bawah tanah benar-benar sesuatu yang tak terduga; Ini bukan sesuatu yang dapat
Anda lihat setiap hari bahwa pesan Carlsbad menarik perhatian target pasar.
8.
Jawab langsung
"Apa untungnya bagi calon pelanggan?"
Holiday Inn Express mengumumkan bahwa motelnya
memiliki "kepala pancuran nomor satu sesuai dengan peringkat
pelanggan".
Pernahkah Anda diminta untuk memberi kamar
mandi? Holiday Inn menganggap bahwa ini penting bagi target pasar mereka dan
mengirimkan pesan ini langsung kepada mereka.
Anda dapat mendengarkan dan membaca semua
tentang fitur Holiday Inn Express, namun mendengar tentang kepala pancuran
nomor satu dari peringkat pelanggan ini adalah sesuatu yang diinginkan oleh semua
pengunjung.
No comments